Minggu, 26 Agustus 2012

Pepaya Kebumen Tembus Pasar Hongkong dan Dubai

Pepaya Kebumen Tembus Pasar Hongkong dan Dubai



Pepaya Kebumen Tembus Pasar Hongkong dan DubaiPepaya Kebumen Jawa Tengah Berhasil Tembus Pasar Luar Negeri 
Laporan Reporter  Jogya/ Susilowahid
TRIBUNNEWS.COM  KEBUMEN, - Sebagian produk pepaya asal Kebumen telah menembus pasar luar negeri. Beberapa negara tujuan eksport diantaranya Singapura, Hongkong dan Dubai. Selain itu, produksi pepaya di Kabupaten Kebumen terbilang cukup cukup besar. Selama ini produk pepaya asal Kebumen sudah dipasarkan hingga luar wilayah, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Palembang dan Padang.
Data Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kebumen menunjukkan produksi pepaya Kebumen mencapai 317 ton per minggu dari luas lahan sekitar 200 hektar. Selain itu beberapa lokasi di Kebumen sangat potensial ditanami pepaya, salah satunya adalah wilayah Urut Sewu dengan luas lahan dari ujung timur kecamatan Mirit hingga ujung barat Kecamatan Puring seluas 9000 hektar. Dari luas daerah tersebut, 50 persen diantaranya merupakan lahan yang sangat potensial untuk dikembangkan tanaman pepaya.
Wilayah Kebumen juga merupakan satu-satunya wilayah di Jawa Tengah yang secara teknis memenuhi persyaratan untuk tanaman pepaya, baik dari sisi kondisi air maupun aspek lingkungannya
"Untuk mengembangkan produksi pepaya, kami akan menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian Propinsi Jawa Tengah melalui Laboratorium Pengamatan Hama Penyakit Tanaman Temanggung (LPHPT), kata Pudjirahaju, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kebumen, Kamis (19/4/2012).
Laboratorium tersebut memfasilitasi pelatihan berupa Sekolah Lapang Pengendalian Hama Tanaman ( SLPHT) Pepaya untuk Petani pepaya di wilayah urut sewu, yang bertempat di Balai Desa Munggu Kecamatan Petanahan.
Pelatihan diikuti 25 petani pepaya dari Desa Munggu, Desa Karangreja, Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan dan Desa Waluyorejo Kecamatan Puring. Pelatihan sendiri akan berlangsung selama dua minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar